Website Resmi Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin Bandung- Waktu Kunjungan Pasien Rawat Inap: Hari Kerja (Senin-Jumat | Sore Pukul 16.30 s/d 18.00 WIB), Hari Libur (Sabtu, Minggu, dan Libur nasional | Siang pukul 10.00 WIB s/d 11.30 WIB atau Sore pukul 16.30 s/d 18.00 WIB)

Direktorat Umum dan Operasional

Pelayanan umum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam perkembangan pelayanan rumah sakit secara keseluruhan, antara lain meliputi kegiatan ketata usahaan, kesekretarisan, hukum kemitraan dan kerumah tanggaan. Kegiatan TataUsaha antara lain mencakup administrasi sekitar 28,000 surat per tahun, 540 Surat Perjalanan Dinas dan Kesekretarisan Direksi RSHS. Pengelolaan kegiatan tersebut sudah mulai menggunakan Sistem Kearsipan Elektronik, dan telah tersusun dalam Buku Petunjuk Operasional Ketatausahaan RSHS tahun 2008.

Kegiatan yang terkait dengan Hukum Kemitraan antara lain bekerja sama dengan unit-unit kerja di RSHS dalam menyusun naskah perjanjian kerja sama dengan pihak ketiga dalam bidang pelayanan, pendidikan dan penelitian, serta kerja sama operasional.

Sejak tahun 2011, Direktorat Umum & Operasional RSHS dipimpin oleh dr. Edi Sampurno, Sp.P., MM. Dibawah kepemimpinannya, Berbagai perjanjian kerja sama hingga tahun 2012 telah diselenggarakan RSHS. Seperti perjanjian kerja sama dengan pihak Bank untuk sistem pembayaran Billpayment, Yayasan Kesehatan, perusahaan penyedia layanan kemanan, berbagai Universitas baik Nasional maupun Internasional, Sekolah kejuruan, dan lain sebagainya.

um-op05

Pengelolaan logistik RSHS telah menggunakan teknologi informasi (komputerisasi) yang online dengan Bagian Akuntansi. Upaya efisiensi dilakukan antara lain dengan mencetak beberapa formulir administrasi menggunakan mesin “Risograf”.

Asset RSHS yang merupakan kekayaan Barang Milik Negara (BMN) dikelola dengan komputerisasi Sistem Informasi Manajemen & Auntansi (BMN), online dengan Bagian Akuntansi, Aset barang bergerak sejumiah 130,000 item yang terdistribusi ke 715 ruangan.

ambulanPelayanan ambulan dan mobil jenazah tersedia 24 jam dilengkapi dengan peratatan medik yang memenuhi standar, didukung tenaga medis dan paramedik yang profesional sesuai dengan kebutuhan pasien. Saat Ini RSHS memiliki 12 unit ambulan dan 2 mobil jenazah.
Beberapa fasilitas umum Lainnya antara lain adalah ruang tunggu, perbankan, mushola dan kantin yang tersebar di beberapa lokasi pelayanan di Lingkungan RSHS,

parkirPelayanan parkir dilengkapi sistem pengamanan menggunakan CCTV, dikelola oleh pihak ketiga dengan 52 personal, dan berkontribusi pada pendapatan keuangan rumah sakit.

satpam Pengelolaan keamanan dan ketertiban dilingkungan RSHS dilaksanakan 24 jam, didukung oleh 92 personal satpam, terdiri dari pegawai RSHS dan tenaga outsourcing.
Petugas Satpam terbagi kelima area pelayanan, mencakup 27 titik penjagaan.

Lingkup tugas dan fungsi Bagian Perencanaan dan Evaluasi adalah perencanaan dan evaluasi kinerja rumah sakit, serta kegiatan kehumasan dan protokoler. Kegiatan perencanaan meliputi penyusunan rencana strategis RSHS (5 tahun), rencana kinerja tahunan dan rencana pengembangan RSHS. Kegiatan evaluasi meliputi penyusunan laporan berkala (bulanan, triwulan, semester dan tahunan), Laporan Akuntabilita Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), kajian kebutuhan non medis dan pemeliharaan sarana, prasarana, dan alat (747 usulan pertahun), serta melakukan pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam tim yang terintegrasi antara medik dan non medik.
Dalam program pengembangan RSHS mengadakan berbagai forum konsultasi dengan berbagai lembaga negara, guna mendapatkan dukungan dan arah pengembangan yang sejalan dengan program pemerintah.

Kegiatan Humas dan Protokoler antara lain meliputi pelayanan informasi, media massa/press conference, pemasaran sosial, dan protokoler. Jalur telekomunikasi yang terpasang sebanyak 170 line telepon dengan DID system. Pelanggan dapat memperoleh informasi mengenai keberadaan pasien, jenis-jenis pelayanan medik beserta tarifnya, dan bantuan car call.