Website Resmi Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin Bandung- Waktu Kunjungan Pasien Rawat Inap: Hari Kerja (Senin-Jumat | Sore Pukul 16.30 s/d 18.00 WIB), Hari Libur (Sabtu, Minggu, dan Libur nasional | Siang pukul 10.00 WIB s/d 11.30 WIB atau Sore pukul 16.30 s/d 18.00 WIB)

Alat-alat Canggih

RSHS sebagai Rumah Sakit Kelas A yang merupakan rujukan pusat tingkat Provinsi Jawa Barat, memiliki sarana dan prasarana yang sangat memadai sebagai pendukung sumber daya manusia yang berkualitas prima, sebagai bentuk komitmen untuk selalu meningkatkan kwalitas pelayanan. Sarana prasarana yang dimaksud seperti sarana gedung, peralatan medis dan nonmedis. Adapun peralatan canggih yang telah dimiliki RSHS diantaranya:

1. Pelayanan Kedokteran Nuklir

- Gamma Camera
Pesawat gamma camera untuk kedokteran nuklir adalah suatu system untuk mengolah radiasi gamma dari tubuh manusia untuk dapat dijadikan dalam bentuk gambar guna keperluan suatu diagnostik.

- PET CT

PET/CT yang merupakan alat diagnostik imaging medis yang paling canggih di dunia saat ini, adalah satu-satunya teknologi yang menggunakan cara anatomi untuk melakukan pemeriksaan imaging terhadap fungsi, metabolisme dan reseptor tubuh, dapat mendeteksi dengan tepat tanpa melukai tubuh, berkemampuan diferensiasi dan sensitif  yang  tinggi untuk memeriksa keberadaan lesi kanker yang kecil sekalipun dan deteksi dini kanker pada stadium awal, tingkat kecermatan diagnosis mencapai di atas 90%. Pemeriksaan PET/CT mempunyai peran penting untuk penentuan rancangan pengobatan selanjutnya.
2. Pelayanan Radiologi
- CT Scan
CT Scan adalah salah satu peralatan radiodiagnostik dengan menggunakan sinar-x. pada dasarnya gambar yang dihasilkan merupakan pemetaan dari penyerapan objek terhadap sinar-x
- MRI
Magnetic Resonance Imaging (MRI) adalah suatu teknik yang digunakan untuk menghasilkan gambaran organ dalam pada organisme hidup, juga untuk menemukan jumlah kandungan air dalam struktur geologi. Biasa digunakan untuk menggambarkan secara patologi atau perubahan fisiologi otot hidup. Pada pengobatan, MRI digunakan untuk membedakan otot patologi seperti tumor otak dibandingkan otot normal
 -MSCT 128 Slices Dual Sources
Teknologi terbaru MSCT 128 Slices Dual Sources merupakan teknologi pencitraan radiologi diagnostik paling mutakhir. MSCT memiliki berbagai fitur untuk mempercepat waktu pemindaian, meminimalisi dosis radiasi, dan meminimalisi artefak.

Kemampuan pencitraan yang lebih cepat serta hasil gambar yang berkualitas memudahkan para tenaga medis mendapatkan hasil diagnostik yang lebih akurat. Selain itu, dalam hal proteksi radiasi, alat ini mampu mengurangi paparan radiasi pasien dan operator karena memiliki fitur yang meningkatkan efektivitas pesawat secara maksimal dan mampu meminimalisasi paparan radiasi tanpa mengurangi kualitas gambar.

 

 

3. Pelayanan Jantung
- ESMR
Alat canggih untuk mendeteksi penyumbatan jantung
4. Pelayanan Bedah Urologi
- ESWL
Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) merupakan terapi non-invasif, karena tidak memerlukan pembedahan atau pemasukan alat kedalam tubuh pasien. Sesuai dengan namanya, Extracorporeal berarti diluar tubuh, sedangkan Lithotripsy berarti penghancuran batu, secara harfiah ESWL memiliki arti penghancuran batu saluran kemih dengan menggunakan gelombang kejut (shock wave) yang ditransmisi dari luar tubuh.
5. Pelayanan Radioterapi
- LINAC
Alat ini membantu proses  pengobatan radiasi dengan sumber radiasi mempunyai jarak dengan target yang dituju atau berada diluar tubuh. Sumber yang dipakai adalah sinar X atau photon yang merupakan pancaran gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan oleh pesawat liner akselerator (LINAC).
- COBALT 60
 Mesin treatment memasukkan sumber-sumber gamma untuk keperluan radioterapi berkas eksternal yang disebut mesin teletrapi. Sebagian besar sering dibuat secara isosentris, membiarkan berkas berotasi di sekitar pasien dengan SAD yang ditentukan.